Rabu, 14 Mei 2014

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI


Komunikasi   sebagaimana   telah disinggung   pada  tulisan-tulisan  sebelumnya juga  mempunyai unsur-unsur  antara  lain  sebagai berikut : Sumber, Komunikator, Pesan, Channel/Saluran, Komunikasi, Efek, dan Faktor-faktor yang diperhatikan dalam  komunikasi.

A.   SUMBER
Sumber   adalah   dasar   yang   digunakan    dalam   penyampaian     pesan   dan digunakan   dalam  rangka  memperkuat   pesan  itu sendiri.   Sumber  dapat  berupa orang,   lembaga,   buku,  dokumen   dan  sejenisnya.

B.  KOMUNIKATOR
Dalam   kornunikasi,    setiap   orang   atau   kelompok    dapat   menyampaikan pesan-pesan    komunikasi    itu  sebagai   suatu  proses  dimana   komunikator    dapat menjadi   kornunikan,    sebaliknya   komunikan   dapat  menjadi   komunikator.
  1. Penampilan
Khusus   dalam   komunikasi    tatap   muka   atau  yang   menggunakan     media pan dang  dengan   audio  visual,  seorang   komunikator    harus  menyesuaikan diri  dengan   lingkungan   dan  komunikan.     Penampilan    ini  sesuai   dengan tata  krama   dengan   memperhatikan    keadaan,     waktu  dan  tempat.
  1. Penguasaan    masalah
Seseorang    yang  tampil   atau  ditampilkan    sebagai   komunikator    haruslah betul-betul  menguasai  masalahnya.    Apabila tidak, maka setelah proses komunikasi   berlangsung  akan menimbulkan  ketidak-percayaan    terhadap komunikator      dan   akhirnya     terhadap     pesan    itu   sendiri     yang    akan menghambat      terhadap     efektivitas     komunikasi.      Dalam    suatu   proses komunikasi  timbal balik, yang lebih menguasai  masalah akan cenderung memenangkan    tujuan   komunikasi.
  1. Penguasaan    bahasa
Komunikator    harus  menguasai   bahasa   dengan   baik.    Bahasa   ini  adalah bahasa  yang  digunakan   dan dapat  dipahami  oleh kornunikan,   komunikator mutlak  menguasai   istilah-  istilah  umum  yang  digunakan   oleh  lingkungan tertentu     at au   khusus.    Penguasaan      bahasa    akan    sangat    membantu menjelaskan    pesan-pesan    apa  yang  ingin  kita  sampaikan   kepada     audience  itu. Tanpa  penguasaan   bahasa  seeara  baik dapat  menimbulkan   kesalah penafsiran   ataupun  menimbulkan   ketidakpereayaan    terhadap  komunikator. Pergunakanlah bahasa   yang  baik  dan  benar.

Keefektifan       komunikasi      tidak    saja    ditentukan      oleh    kemampuan berkomunikasi   tetapi juga  oleh diri si komunikator.   Fungsi  kornunikator   adalah pengutaraan    pikiran   dan  perasaannya    dalarn   bentuk   pesan   untuk   rnembuat komunikan    rnenjadi   tahu   atau   berubah    sikap,   pendapat    atau   perilakunya. Komunikan    yang  dijadikan   sasaran   akan  mengkaji   siapa  komunikator    yang menyarnpaikan    inforrnasi   itu.  Jika  ternyata   inforrnasi   yang  diutarakannya    itu tidak  sesuai  dengan  diri kornunikator,   betapapun   tingginya   teknik  kornunikasi yang  dilakukan   hasilnya   tidak  akan  sesuai   dengan   yang  diharapkan.

1.   Etos Komunikator
Keefektifan  komunikasi  ditentukan  oleh etos komunikator.  Etos adalah nilai diri seorang yang rnerupakan paduan dari kognisi,  afeksi, dan konasi. Kognisi adalah proses  mernahami yang bersangkutan  dengan pikiran, afeksi adalah perasaan yang ditimbulkan oleh perangsang dari luar, dan konasi adalah aspek psikologis  yang berkaitan dengan upaya atau perjuangan.
Ciri  efektif  tidaknya  kornunikasi  ditunjukkan  oleh  dampak  kognitif, darnpak afektif dan darnpak behavioral  yang timbul pada kornunikan. Jelas kiranya bahwa suatu inforrnasi atau pesan yang disampaikan komunikator kepada kornunikan akan komunikatif apabila terjadi proses psikologis  yang sarna antara insan-insan yang terlibat dalam proses tersebut. Dengan lain perkataan, informasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan  itu sarna. Situasi kornunikatif seperti itu akan terjadi bila terjadi etos  pada diri komunikator.
Etos tidak timbul pada seseorang dengan begitu saja, tetapi ada faktor­ faktor  tertentu  yang  mendukungnya.  Faktor-faktor  terse but adalah  sebagai berikut  :
  1. Kesiapan
Seorang kornunikator yang tarnpil dimimbar harus menunjukkan kepada khalayak, bahwa ia muneul di depan forum dengan persiapan yang matang. Kesiapan ini akan tarnpak  pada gaya komunikasinya  yang rneyakinkan. Tampak  oleh  komunikan  penguasaan    komunikator    mengenai  materi yang dibahas. Pidato dengan persiapan yang matang kecil kemungkinan akan gagal.
  1. Kesungguhan
Seorang komunikator  yang berbicara  dan membahas  suatu topik dengan menunjukkan kesungguhan akan  menimbulkan kepercayaan pihak komunikan  kepadanya.
  1. Ketulusan
Seorang  komunikator   harus  membawakan   kesan  kepada  khalayak,   bahwa ia  berhati  tulus  dalam  niat  dan  perbuatannya.    Ia  harus  hati-hati   untuk menghindarkan kata-kata yang  mengarah  kepada  kecurigaan    terhadap ketidaktulusan komunikator.   Cara  yang  terbaik  bagi  seorang  komunikator  ialah  menumbuhkan faktor  pendukung etos tersebut  dengan  kemampuan  memproyeksikan kualitas ini  kepada   khalayak.
  1. Kepercayaan
Seorang  komunikator   harus  senantiasa   memancarkan   kepastian.   Ini  harus selalu   muncul   dengan   penguasaan    diri  dan  situasi   secara   sempurna.    Ia harus  selamanya   siap    menghadapi    segala  situasi.
  1. Ketenangan
Khalayak  cenderung   akan  menaruh  kepercayaan   kepada  komunikator   yang tenang   dalam   penampilan    dan  tenang   dalam   mengutarakan     kata-kata. Ketenangan     itu  perlu   dipelihara     dan   selalu   ditunjukkan     pada   setiap peristiwa  komunikasi   menghadapi   khalayak.  Ketenangan   yang ditunjukkan seorang   komunikator    akan  menimbulkan    kesan  pada   komunikan   bahwa komunikator      merupakan     orang    yang    sudah    berpengalaman       dalam menghadapi    khalayak   dan  menguasai   persoalan   yang  akan  dibicarakan. Lebih-Iebih    apabila   ketenangan    itu  diperlihatkan     di  saat   komunikator menghadapi    pertanyaan   yang  sulit  atau  mendapat   serangan   yang  gencar dari  komunikan,    seolah-olah    pertanyaan    atau  serangan   itu  sudah   biasa baginya.   Dan  memang,  jika  komunikator    bersikap   tenang   ia  akan  dapat melakukan    ideasi,  yaitu  pengorganisasian   pikiran  perasaan  dan  hasil penginderaannya  secara terpadu sehingga yang terlontar adalah jawaban yang argumentatif.
  1. Keramahan
Keramahan    komunikator    akan  menimbulkan    rasa  simapatik   komunikan kepadanya.    Keramahan    tidak   berarti   kelemahan,    tetapi   pengekspresian sikap   etis.   Lebih-lebih    jika   komunikator     muncul   dalam   forum   dalam mengandung      perdebatan.      Ada   kalanya     dalam    suatu    forum    timbul tanggapan   salah  seorang  di antara  yang  hadir  berupa  kritik  pedas.  Dalam situasi  seperti  ini, sikap  hormat  komunikator   dalam  memberikan   jawaban akan  meluluhkan    sikap  emosional    si pengeritik   dan  akan  menimbulkan rasa  simpati  kepada  komunikator.    Jadi  keramahan   tidak  saja  ditunjukkan dengan   ekspresi   wajah,  tetapi  juga   dengan   gaya  dan  cara  pengutarakan paduan   pikiran   dan  perasaannya.
  1. Kesederhanaan
Kesederhanaan    tidak  hanya  menyangkut   hal-hal  yang  bersifat  fisik,  tetapi juga  dalam  hal penggunaan   bahasa  sebagai  alat untuk  menyalurkan   pikiran dan  perasaan   dan  dalam   gaya    mengkomunikasikannya.  Kesederhanaan seringkali   menunjukkan   keaslian  dan  kemurnian   sikap.  Dalam  kehidupan sehari-hari   sering  kita jumpai   komunikator   yang  meniru  gaya  orang  lain. Peniruan   seperti  itu justru   akan  mengurang   penilaian   positif  dari   pihak komunikan.

2.   Sikap komunikator
Sikap ( attitude  ) adalah suatu kesiapan kegiatan,  suatu kecenderungan pada diri seseorang  untuk melakukan  suatu kegiatan  menuju atau menjauhi nilai-nilai  sosial. Dalam hubungan dengan kegiatan komunikasi yang melibatkan   manusia-manusia   sebagai  sasarannya,   pada  diri  komunikator terdapat  lima jenis  sikap, yaitu  :
  1. Reseptif  ( receptive  )
Sikap reseptif berarti kesediaan untuk menerima gagasan dari orang lain, dari  staf pimpinan,  karyawan,  ternan, dan  lain-lain.  Bagi  komunikator tidak  akan ada ruginya untuk menerima  gagasan dari orang lain, sebab tidak jarang  sebuah gagasan  yang semula dinilai  buruk dapat dikembangkan  sehingga menjadi suatu gagasan yang bermanfaat.
  1. Selektif  ( selective  )
Seperti  halnya  dengan faktor reseptif,  faktor  selektif  pun penting  bagi komunikator     dalam   peranannya    selaku   komunikan,     sebagai   persiapan untuk  menjadi   komunikator    yang  baik.  Jadi  untuk  menjadi   komunikator yang   baik   ia  harus   menjadi   komunikan    yang   terampil.    Tetapi   dalam menerima   pesan  dari  orang  lain  dalam  bentuk  gagasan   atau  informasi,   ia harus selektif dalam rangka pembinaan profesinya  untuk diabdikan  kepada masyarakat.
  1. Dijestif   ( digestive)
Yang   dimaksudkan    dengan   dijestif    di  sini   adalah     kemampuan komunikator dalam merencanakan gagasan atau informasi dari orang lain sebagai bahan bagi pesan yang akan ia komunikasikan. Ia mampu melihat intinya yang hakiki seraya dapat melakukan prediksi akibat dari pengaruh gagasan  atau informasi tadi.
  1. Asimilatif  ( assimilative)
Asimilatif berarti kemampuan komunikator dalam mengorelasikan gagasan atau    informasi yang ia terima dari orang lain secara sistematis  dengan apa yang telah ia miliki dalam benaknya yang merupakan hasil pendidikan dan pengalamannya. Formulasi dari perpaduan kedua aspek tersebut dikembangkan   sehingga menjadi konsep, suatu bahan untuk dikomunikasikan.
  1. Transmisif  ( transmissive  )
Transmisif  mengandung  makna kemampuan  komunikator  dalam mentrasmisikan konsep yang telah ia formulasikan secara kognitif, afektif, dan konatif kepada orang lain. Dengan lain perkataan, ia mampu memilih kata-kata yang fungsional, mampu menyusun kalimat secara logis, mampu memilih waktu yang tepat, sehingga komunikasi yang ia lancarkan menimbulkan  dampak yang ia harapkan.

Demikian lima faktor yang merupakan unsur penting bagi sikap sesorang dalam rangka pembinaan dirinya sebagai komunikator. Dari paparan tersebut, jelas bahwa untuk menjadi komunikator yang baik harus menjadi komunikan  yang baik.

C.    PESAN
Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan  oleh komunikator. Pesan ini mempunyai inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarah di dalam usaha mencoba mengubah sikap dan tingkah  laku komunikan.   Pesan dapat secara   panjang   lebar  mengupas   berbagai   segi,   namun   inti  pesan   dari komunikasi  akan selalu  mengarah kepada tujuan akhir komunikasi  itu.
  1. Penyampaian Pesan
Melalui  lisan, face to face,  langsung  menggunakan  media, saluran  dan sebagainya.
  1. Bentuk Pesan
a.  Informatif
Bersifat memberikan keterangan-keterangan  / fakta-fakta,  kemudian komunikan   mengambil keputusan.   Dalam situasi tertentu pesan informatif justru lebih berhasil daripada persuasif, misalnya jika audience  adalah kalangan cendekiawan.
b.  Persuasif
Berisikan  bujukan, yaitu membangkitkan  pengertian  dan kesadaran manusia bahwa apa yang kita sampaikan akan memberikan perubahan sikap, tetapi berubahnya  adalah atas kehendak sendiri ( bukan dipaksakan).   Peru bahan tersebut  diterima  atas kesadaran  sendiri.
c.  Koersif
Penyampaian pesan yang bersifat memaksa dan dengan menggunakan sanksi-sanksi apabila tidak dilaksanakan.

Pesan yang disampaikan harus tepat, pesan yang mengena harus memenuhi syarat-syarat  sebagai berikut  :
1.  Umum
Berisikan  hal-hal yang umum dipahami oleh audience atau komunikasi, bukan  soal-soal   yang cuma berarti  atau dipahami  oleh  seseorang  atau kelompok  tertentu.
2.  Jelas  dan  gamblang
Pesan haruslah jelas dan gamblang,  tidak samar-samar.   Jika mengambil perumpamaan     hendaklah    perumpamaan     yang   senyata   mungkin.    Untuk tidak   ditafsirkan    menyimpang    dari   yang   kita   maksudkan,    maka   pesan tersebut   benar-benar   jelas.
3.  Bahasa   yang  jelas
Sejauh    mungkin    hindarilah     menggunakan      istilah-istilah      yang   tidak dipahami    oleh   audience   atau  khalayak.    Penggunaan    bahasa   yang  jelas yang cocok dengan  komunikan   situasi  daerah  dan kondisi  di mana berkomunikasi.     Hati-hati   pula  dengan  penggunaan     istilah  atau  kata-kata yang  berasal   dari  bahasa   daerah  yang  dapat  ditafsirkan    lain.  Istilah   satu daerah   berbeda   dengan   istilah   daerah   lainnya.   Begitu   pula  agar  sejauh mungkin   dihindarkan    istilah   asing.   Berbahasalah    yang  baik  dan  benar.
4.  Positif
Secara  kodrati  manusia   selalu  tidak  ingin  mendengar   dan  melihat  hal-hal yang  tidak   menyenangkan      dirinya.     Oleh  karena   itu  setiap   pesan   agar diusahakan    atau  diutarakan    dalam   bentuk   positif.   Kemukakanlah    untuk lebih  mendapatkan    simpati   dan  menarik.
5.  Seimbang
Pesan  yang  disampaikan    hendaklah   tidak  ekstrim   dan  selalu   menentang baik  dan  buruk  karena  hal  ini cenderung   ditolak  atau  tidak  diterima   oleh komunikan.   Sebab  itu jika  kita berbicara  seolah-olah   kelompok   satu paling benar,   paling   sempurna    dan  paling   bersih     sedangkan    kelompok    lain sebaliknya,     pesan    ini   berkecenderungan       untuk    tidak   diterima     oleh komunikan.      Sebaiknya    pesan   ini  dirumuskan    seimbang,    yaitu   dengan tidak   mengesampingkan     kelemahan    yang  ada,  disamping    menonjolkan keberhasilan    yang  telah  dicapai.
6.  Penyesuaian    dengan   keinginan   komunikasi
Orang-orang   yang  menjadi  sasaran  atau komunikan   dari  komunikasi   yang kita   lancarkan    selalu   mempunyai    keinginan    atau   kepentingan    tertentu. Dalam   hal  ini  komunikator    dapat  menyesuaikan    dengan   keadaan   waktu dan  tempat.

Hambatan-hambatan    terhadap  pesan  acapkali  kita alami dalam  komunikasi, lain  yang  dituju   tapi  lain  yang  diperoleh.     Dengan   perkataan   lain  apa  yang diharapkan     tidak   sesuai   dengan    kenyataan.       Hal   ini  disebabkan     adanya hambatan-hambatan      terutama   adalah:
1.  Hambatan    bahasa   ( language factor)
Pesan akan disalahartikan  sehingga tidak mencapai apa yang diinginkan, apabila   bahasa     yang  digunakan   tidak  dipahami   oleh  komunikan. Termasuk dalam pengertian ini penggunaan istilah-istilah  yang mungkin dapat diartikan berbeda atau tidak mengerti sarna sekali.  Demikian  juga jika kita menggunakan istilah-istilah yang ilmiah tapi belum  merata atau baku, seperti : dampak, kendala, canggih, rekayasa dan sebagainya, namun dalam  komunikasi  hal-hal  seperti  ini sering  dilontarkan  dengan  tujuan lain atau sekedar penonjolan  diri dan pengalihan  perhatian.
2.  Hambatan  teknis ( noise factor  )
Pesan dapat tidak utuh diterima komunikan karena gangguan teknis. Misalnya suara tidak sampai karena pengeras suara rusak, bunyi-bunyian, halilintar, lingkungan yang gaduh dan lain-lain. Gangguan teknis ini lebih sering dijumpai  pada komunikasi yang menggunakan  medium misalnya dalam rapat umum, dan sebagainya.

D.   CHANNEL/SALURAN
Chanel  adalah  saluran  penyampaian  pesan,  biasa juga  disebut  dengan media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian, yaitu  media umum dan media  massa. Media umum adalah media yang dapat digunakan oleh  segala  bentuk  komunikasi,  contohnya  radio  dan  sebagainya.    Media massa  adalah  media  yang  digunakan   untuk  komunikasi   massa.  Disebut demikian  karen a sifatnya yang massal, misalnya televisi  dan sebagainya.

E.   KOMUNIKASI
Komunikasi dapat kita golongkan dalam tiga jenis, yaitu personal, kelompok, dan massa.  Dari segi sasarannya maka komunikasi ditujukan atau diarahkan  kedalam komunikasi  personal,  komunikasi  kelompok,  dan komunikasi  massa.
1.    Komunikasi  personal
Komunikasi   yang  ditujukan   kepada  sasaran  yang  tunggal.  Bentuknya   bisa tukar  pikiran   dan  sebagainya.     Komunikasi    personal   efektivitasnya     pal­ ing  tinggi   karena   komunikasinya    timbal   balik  dan  terkonsentrasi.
2.    Komunikasi    kelompok
Komunikasi   yang  ditujukan  kepada  kelompok   tertentu.  Kelompok   tertentu satu  adalah   suatu  kumpulan   manusia   yang  mempunyai    hubungan   sosial yang  nyata  dan  memperlihatkan    struktur  yang  nyata  pula.  Bentuk-bentuk komunikasi      kelompok     adalah     :  ceramah,     breefing,     dan   lain-lain. Komunikasi    kelompok   lebih  efektif   dalam   pembentukan    sikap  personal daripada     komunikasi    massa   namun   kurang   efisien,   sebaliknya    kurang efektif   dibanding   dengan    komunikasi    personal   tapi  lebih  efisien.
3.    Komunikasi    massa
Komunikasi      yang   ditujukan     kepada    massa    atau   komunikasi      yang menggunakan    media   massa.  Massa   adalah   kumpulan   orang-orang    yang hubungan    antar   sosialnya    tidak   jelas    dan   tidak   mempunyai     struktur tertentu.      Komunikasi    massa   sangat   efisien   karen a  dapat   menjangkau daerah    yang   luas   dan   audience     yang   praktis    tak   terbatas,     namun komunikasi   massa  kurang  efektif  dalam  pembentukan   sifat persona  karena komunikasi    massa  tidak  kemudian   dapat  langsung   diterima   oleh  massa, tetapi  melalui  opinion    leader  ialah  yang  kemudian   menterjemahkan     apa yang  disampaikan    dalam   komunikasi    massa   itu  kepada   komunikan.

Pada   dasarnya    komunikasi     dicirikan     oleh   sejumlah    atribut    tertentu. Pemahaman    atas  atribut-atribut    itu besar  artinya  bagi  peningkatan    pengertian kita   mengenai    komunikasi     dan   prosesnya.    Atribut-atribut     dan   efektivitas komunikasi    itu  an tara  lain  :
1 .    Terjadinya    komunikasi    tidak  dapat  dihindari
Hampir  tidak  ada  atau  hanya  sedikit  saja  orang  yang  menghindarkan    diri dari   aktivitas    bermasyarakat.     Orang   selalu   berusaha    mencari    interaksi sosial.   Apabila   saat  interaksi   terjadi,   komunikasi    tidak   dapat   dihindari akan   menimbulkan     kontak   sosial,   jika   terjadi   kontak   sosial   tidak   ada hubungannya    dengan   prilaku.   Semua   prilaku   memiliki   potensi     sebagai pesan,  yaitu  bahwa  prilaku   memiliki   potensi   yang  dapat  melekatkan   arti kepada  persepsi   orang  lain.  Jika  perilaku   dapat  berkomunikasi    dan  orang tidak  dapat  menghindar   untuk  tidak  berperilaku   maka  orangpun   mungkin tidak   berkomunikasi.     Sudah   barang   tentu   tidak   semua   perilaku    benar­ benar  komunikatif,    dimana   orang-orang    harus  benar  - benar   melakukan dengan   sengaja.   Hal  ini  dapat   terjadi   jika   pengirirn   atau  sumber   tidak dapat  mengontrol   perilaku   dengan  mana  penerima   akan  mengkaitkan    arti tertentu.  Begitu  pula halnya  ada bentuk  komunikasi   yang  tidak konstruktif. Berhubung     setiap   perilaku    memiliki    potensi    untuk    mengkomunikasi sesuatu,    maka   penentuan    apakah   perilaku   atau  komunikatif    atau  tidak semata-mata    tergantung    kepada   penerimanya.
 2.  Komunikasi    merupakan   konsep   transaksional
Konsep   komunikasi    sebagai   proses   merujuk   pada  interaksi   tak  terputus dari  sejumlah   variabel  yang  tidak  terhitung   banyaknya   dengan  perubahan terus  menerus   dalam   nilai-nilai   yang  diambil   dari  variabel-variabel itu. Jika  seseorang   berusaha   menguji   salah  satu  unsur  komunikasi    ( pesan  ) maka   pengisolasian     itu  akan   merusak   hakikat   keberlangsungan     proses dan  batas-batas    informasi    yang  tersedia   mengenai    unsur   itu  (  pesan   ) karena   keluar   dari   hakekatnya    (  mengubah    Iingkungan  ).  Komunikasi didirikan   oleh  interaksi   aktif  terus  menerus.

3.  Komunikasi    telah   terjadi   apabila   penerima    pesan   atau   informasi  telah  terpengaruh.
Komunikasi      telah    terjadi     apabila     penerima     pesan    atau    informasi terpengaruh   olehnya,  si penerima  mengaitkan   arti tertentu  kepada  perilaku.
Komunikasi    telah   terjadi   apakah   seseorang    bermaksud    berkomunikasi atau  tidak,  jika   ini  penerima   pesan   mengaitkan    arti  perilaku   ke  dalam persepsinya.     Penerima    tidak   hanya   bereaksi    terhadap    perilaku    dalam wilayah  persepsinya,   iajuga   menggerakkan   pribadinya   secara  menyeluruh dalam  proses  interpretasi.    Dalam  melakukan   itu arti  tersebut   mengaitkan pada  sebuah   persepsi.
4.  Komunikasi    tidak  dapat  berdiri   sendiri   di  luar  konteks
Komunikasi   tidak  dapat  berdiri  sendiri  di luar konteks.   Apabila  dikaitkan dengan  persuasi,   kita  dapat  menyatakan   bahwa  faktor-faktor    konteks   dan bukan   pesan   seringkali    menjadi    determinan     bagi   adanya    tanggapan. Persoalan  apa yang  terjadi jika  konteksnya   diubah.  Kontells  mempengaruhi komunikasi.    Konteks  tidak  hanya  mungkin   mengubah   proses  komunikasi, tetapi   juga   seringkali    dapat   bercerita    banyak   mengenai    perilaku    yang diamati.


F.  EFEK
Efek adalah  hasil akhir dari suatu komunikasi,  yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku orang lain itu sesuai maka itu berarti komunikasi  berhasil, demikian pula sebaliknya. Efek ini sesungguhnya dapat dilihat dari personal opinion, publik  opinion,  dan majority opinion.
1.       Personal  opinion
Pendapat pribadi, hal ini dapat merupakan akibat atau hasil yang diperoleh dari komunikasi.  Personal opinion adalah sikap dan pendapat  seseorang terhadap  sesuatu masalah tertentu.
2.       Public  opinion
Sering  kita  artikan   sebagai  pendapat   umum.  Pengertiannya    adalah penilaian sosial mengenai sesuatu hal yang penting dan berarti atas dasar pertukaran  pikiran  yang dilakukan  individu  secara sadar dan rasional.
3.       Majority  opinion
Pendapat sebagian terbesar dari publik atau masyarakat. jika kita berbicara tentang opini atau pendapat maka kita sering mendengar opinion  leader. Opinion leader ialah orang yang secara informal membimbing dan mengarahkan  suatu  opini  tertentu  kepada  masyarakat.  Opinion  leader adalah  merupakan tempat   bertanya.


G.   FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERHATIKAN DALAM PROSES KOMUNIKASI
1.      Empat Tahap dalam Proses Komunikasi
Menurut Cutlip dan Center komunikasi  yang efektif harus dilaksanakan dengan melalui empat tahap, yaitu  : Pengumpulan  Fakta  (fact finding), Perencanaan,  Komunikasi,  dan Evaluasi.
a.   Pengumpulan    Fakta
Mengumpulkan    data dan fakta  sebelum  seseorang  melakukan   kegiatan komunikasi.     Untuk   berbicara    di  depan   rapat   umum   perusahaan, pimpinan    perlu   mencari   fakta  dan  data  tentang     bisnis   perusahaan tersebut,   tujuannya   dan  sebagainya.
b.   Perencanaan
Berdasarkan    fakta  dan  data  itu  dibuatkan   rencana   tentang   apa  yang akan  dikemukakan      dan  bagaimana    mengemukakannya.
c.   Komunikasi
Setelah   planning   disusun   maka  tahap  selanjutnya    adalah   communi­cation   atau  berkomunikasi.
d.   Evaluasi
Penilaian   dan  analisa  diperlukan   untuk  setiap  kali  melihat  bagaimana hasil  komunikasi  tersebut.  Ini   kemudian     menjadi  bahan  bagi perencanaan  selanjutnya untuk  melakukan  komunikasi berikutnya.
2.      Prosedur Mencapai Efek yang Dikehendaki
Wilbur Schraam mengatakan  : untuk mendapatkan effect yang baik dari komunikasi   maka prosedur yang ditempuh adalah apa yang disebut sebagai "  A-A  Procedure   "  yaitu  proses  dari  Attention  (  perhatian  )  ke  Action (tindakan).

Lebih jelasnya  proses terse but dapat dilihat  sebagai berikut:
Attention  ( perhatian  )
Interest  ( kepentingan  )
Desire  ( keinginan  )
Decision  ( keputusan  )
Action ( tindakan  )
Dalam praktek, jika kita berbicara di depan umum, pertama harus dibangkitkan  dulu perhatian dari massa dengan berbagai cara untuk menarik perhatian.  Kemudian  timbulkan  kepentingan  apa  yang  disampaikan  cocok  dengan    apa   yang   dibutuhkan    oleh   umum.   Tahap   berikutnya  kembangkan keinginan-keinginan  untuk    menerima     komunikasi   sebab    apa   yang   kita sampaikan    menjawab    kebutuhan    masyarakat.    Kembangkan    terus   sehingga kemudian   timbul  keputusan   untuk  melakukan   pesan  yang  kita inginkan.  Proses terakhir   diharapkan    menimbulkan    tindakan.

1 komentar: